8 Karakteristik yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Creativepreneur.

Banyak orang beranggapan bahwa seorang creativepreneur memiliki karakteristik seperti masih muda, gesit, dan berani. Namun, apakah hal itu memang terbukti benar?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai karakteristik dari seorang creativepreneur, sebaiknya ketahui dulu apa sebenarnya maksud dari istilah yang menggabungkan creative dan entrepreneur ini.

Menurut Katja Hunter, seorang creativity coaching dari Denmark mengatakan bahwa creativepreneur adalah seseorang yang menjalankan sebuah bisnis kreatif.

Namun, perlu diketahui bahwa menjalankan sebuah bisnis kreatif bukanlah hal yang mudah apalagi jika kamu baru pertama kali mencoba terjun ke dunia bisnis.

Itulah mengapa seorang creativepreneur harus memiliki beberapa karakteristik khusus yang dibutuhkan untuk mengelola bisnisnya.

Penasaran apa saja sebenarnya karakterikstik yang harus dimiliki oleh seorang creativepreneur? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Berani berimajinasi

Karakteristik pertama dari seorang creativepreneur adalah keberaniannya untuk terus berimajinasi.

Mulai dari imajinasi, seorang creativepreneur bisa mulai untuk menciptakan hal yang baru karena pada dasarnya setiap benda atau apapun bermula dari imajinasi.

Contoh nyata creativepreneur yang sukses dengan karakternya yang mampu menggunakan imajinasi adalah Walt Disney.

Hingga saat ini, Walt Disney Company tetap berjaya walaupun tokoh tersebut sudah lama meninggal dunia.

2. Punya jiwa kompetitif

Seorang creativepreneur juga harus punya karakter yang kompetitif dan tidak takut dengan kompetisi di lahan bisnis.

Jika kamu sudah memiliki sifat yang satu ini, tentunya akan membuatmu tetap bersemangat dalam melakukan inovasi untuk memajukan bisnis.

3. Berani mengambil risiko

Ada masanya inovasi yang kamu buat tidak berhasil sesuai dengan ekspektasi. Namun, seorang creativepreneur pasti akan berani menghadapi risiko kegagalan saat menjalankan bisnisnya.

Berani mengambil risiko di sini bukan berarti kamu akan bertindak sesuai kehendakmu saja. Pasalnya, berani mengambil risiko berarti melakukan strategi yang sudah dipikirkan matang-matang sebelumnya.

4. Jujur

Pengusaha yang kreatif pasti akan menghargai karya sesama pengusaha lainnya dan tidak akan mencoba menjiplak karyanya.

Menjadikan produk yang sudah ada sebagai acuan atau inspirasi tentu sah-sah saja. Akan tetapi, yang salah adalah meniru persis karya orang lain.

Kejujuran yang selalu diperlihatkan seorang creativepreneur tentu akan membuat klien akan semakin senang dan loyal dengan produk yang kamu produksi.

5. Tidak mampu menghadapi dengan kritik

Saat kita berbisnis tentunya pasti akan mendapatkan kritik atau pun saran dari orang lain termasuk pelanggan.

Menurut Harvard Business Review, sebuah kritik bisa menjadi inovasi yang paling kreatif dan dapat menginspirasi.

Itulah mengapa jika ingin menjadi seorang creativepreneur yang sukses, maka kamu tidak boleh takut untuk menerima kritikan.

Meskipun mendapatkan kritikan yang cukup pedas, kamu tidak perlu berkecil hati dan menganggap bahwa orang lain membenci bisnismu.

Ambil sisi positif dari kritikan tersebut untuk membuat inovasi yang lebih baik. Tidak semua saran harus langsung diaplikasikan dalam bisnismu, tapi bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk kemajuan usaha yang kamu punya.

6. Passionate dalam bisnis yang ditekuni

Karakteristik selanjutnya dari seorang creativepreneur adalah memiliki passion yang besar dengan bisnis yang ditekuninya.

Sulit dibayangkan jika seorang pengusaha apalagi di bidang kreatif jika tidak memiliki passion yang tinggi dalam bisnisnya. Tentunya, ia akan cepat mudah putus asa jika mengalami sedikit hambatan pada bisnisnya.

Dengan memiliki passion yang tinggi tentu akan membuat seorang creativepreneur tidak akan menjadi sekadar pebisnis saja.

Namun, ia juga akan memberi dampak pada lingkungan bahkan dunia lewat gairah yang dituangkannya pada karya.

7. Tidak mudah menyerah

Karakter paling dasar yang perlu dimiliki seorang creativepreneur adalah sifat yang gigih dan tidak mudah menyerah.

Merintis suatu usaha memang sangat menantang dan pastinya memiliki banyak hambatan. Namun, jika ingin sukses tentunya kamu harus mampu bertahan untuk melawan semua hambatan tersebut.

Berbeda dengan seorang pekerja kantoran dengan fungsi kerja masing-masing, tentu creativepreneur memiliki beban yang lebih berat karena harus menciptakan dan memasarkan produknya sendiri.

Jadi, jika kamu mudah menyerah tentu impian untuk membuat bisnis yang sukses tentu akan lebih mudah kandas.

8. Jangan lupa bermimpi

Seorang creativepreneur harus berani bermimpi! Tidak ada yang salah dengan memiliki mimpi dan harapan karena pikiran yang positif akan memberi energi terbaik bagi kamu.

Meskipun mimpimu sangat besar tentu saja masih ada banyak kemungkinan kamu tetap bisa mencapainya. Namun, jangan hanya bermimpi saja tanpa mau berusaha, ya.

Jika ingin mewujudkan impian terbesarmu, maka kamu juga harus mau bekerja keras dan menghadapi apa pun rintangannya.

Itulah beberapa karakteristik dari seorang creativepreneur yang sukses. Apakah kamu sudah memiliki beberapa sifat yang sudah disebutkan di atas?

Menjadi seorang pengusaha yang sukses memang tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras, komitmen, dan banyak usaha agar bisa memiliki bisnis yang sukses.

Sourc Article : https://glints.com/id/lowongan/karakteristik-creativepreneur/#.YPfyzTNR200

No Related Post